gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL: RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (Studi Kasus pada Fakultas Teknik Universitas Lampung)

Post a Comment
JURNAL: RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (Studi Kasus pada Fakultas Teknik Universitas Lampung)

Abstrak 

Mulai tahun 2000, Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) sudah bisa diakses secara on-line oleh seluruh civitas akademika Unila (Universitas Lampung). SIAKAD digunakan untuk keperluan akademik seperti pembuatan Kartu Rencana Studi (KRS), dan Kartu Hasil Studi (KHS). Fakultas Teknik (FT) Unila yang merupakan salah satu fakultas yang berada dalam naungan Unila juga telah memakai Siakad on-line untuk administrasi akademik bagi para mahasiswanya. Namun dalam kenyataannya, Siakad on-line yang dipakai masih terdapat beberapa kekurangan yaitu, belum adanya rekapitulasi berapa jumlah mahasiswa yang lulus per periode wisuda, rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan, rata-rata IPK per angkatan, berapa banyak mahasiswa yang lulus, aktif, dan Drop Out (DO) per angkatan dalam satu jurusan, masa studi rata-rata per periode lulusan, dan statistik mahasiswa. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini telah dibuat sistem informasi akademik yang berisi solusi terhadap beberapa kekurangan pada Siakad on-line yang dipakai dan masih difokuskan hanya pada FT Unila. Sistem informasi dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 5.3.5 dan MySQL versi 5.0.7 sebagai DBMSnya. Pada awalnya sistem informasi dibuat pada localhost server yang kemudian diunggah ke dalam web server FT Unila. Setelah sistem informasi selesai dibangun, dilakukan pengujian pada sistem. Pengujian dilakukan dengan dua skenario, yaitu skenario offline dan skenario online. Pada pengujian offline, sistem informasi yang dibangun sudah dapat menampilkan fitur-fitur yang dibuat. Pengujian online dilakukan setelah sistem informasi diunggah ke dalam web server Fakultas Teknik semua fitur yang sudah ada juga berfungsi sebagaimana yang diharapkan. 

Kata kunci: SIAKAD, sistem informasi, modified waterfall, localhost server

Pendahuluan 

Untuk keperluan akademik, diperlukan pembuatan KRS, dan KHS yang di dalamnya berisi data mata kuliah yang diambil setiap semesternya, nilai yang diperoleh pada tiap semester, Indeks Prestasi (IP) tiap semester, IPK, pembimbing akademik, daftar mata kuliah yang dikeluarkan setiap semester. Untuk memenuhi kebutuhan penting tersebut, sistem informasi akademik merupakan solusi atas kebutuhan tersebut. Mulai tahun 2000, Unila sudah menggunakan SIAKAD yang bisa diakses secara on-line oleh seluruh civitas akademika Unila. FT Unila yang merupakan salah satu fakultas yang berada dalam naungan Unila juga memakai Siakad on-line untuk administrasi akademik bagi mahasiswanya.

Peneliti: Heru Ruwandari 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (Studi Kasus pada Fakultas Teknik Universitas Lampung)

Related Posts

Post a Comment