gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal: Prediksi Pemakaian Listrik Kelompok Tarif Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan dan ARIMA (Studi Kasus Wilayah Suluttenggo)

Post a Comment
Jurnal: Prediksi Pemakaian Listrik Kelompok Tarif Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan dan ARIMA (Studi Kasus Wilayah Suluttenggo)

Abstrak 

Latar Belakang penelitian ini dibuat dimana semakin meningkatnya kebutuhan listrik di setiap kelompok tarif. Yang dimaksud dengan kelompok tarif dalam penelitian ini adalah kelompok tarif sosial, kelompok tarif rumah tangga, kelompok tarif bisnis, kelompok tarif industri dan kelompok tarif pemerintah. Prediksi merupakan kebutuhan penting bagi penyedia tenaga listrik dalam mengambil keputusan berkaitan dengan ketersediaan energi listik. Dalam melakukan prediksi dapat dilakukan dengan metode statistik maupun kecerdasan buatan. ARIMA merupakan salah satu metode statistik yang banyak digunakan untuk prediksi dimana ARIMA mengikuti model autoregressive (AR) moving average (MA). Syarat dari ARIMA adalah data harus stasioner, data yang tidak stasioner harus distasionerkan dengan differencing. Selain metode statistik, prediksi juga dapat dilakukan dengan teknik kecerdasan buatan, dimana dalam penelitian ini jaringan syaraf tiruan backpropagation dipilih untuk melakukan prediksi. Dari hasil pengujian yang dilakukan selisih MSE ARIMA, JST dan penggabungan ARIMA, jaringan syaraf tiruan tidak berbeda secara signifikan. 

Kata Kunci: ARIMA, jaringan syaraf tiruan, kelompok tarif

Pendahuluan 

Tenaga listrik merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Tenaga listrik digunakan oleh beberapa sektor, antara lain sektor rumah tangga, industri, usaha komersial, dan tempat layanan umum. Tenaga Listrik tidak dapat disimpan dalam skala besar, karenanya tenaga ini harus disediakan pada saat dibutuhkan. Akibatnya timbul persoalan dalam menghadapi kebutuhan daya listrik yang tidak tetap dari waktu ke waktu. Akibatnya timbul persoalan dalam menghadapi kebutuhan daya listrik yang tidak tetap dari waktu ke waktu, bagaimana mengoperasikan suatu sistem tenaga listrik yang selalu dapat memenuhi permintaan daya pada setiap saat. Prediksi kelistrikan merupakan salah satu bidang yang banyak diteliti karena listrik merupakan salah satu jenis energi utama, sehingga diperlukan perencanaan yang baik untuk mengetahui permintaan listrik di masa [1]. Tenaga listrik tidak dapat disimpan dalam skala besar, karenanya tenaga ini harus disediakan pada saat dibutuhkan sehingga secara langsung mempengaruhi biaya untuk pengoperasian dan pembangunan tenaga listrik.

Peneliti: Silviani E Rumagit 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
Jurnal: Prediksi Pemakaian Listrik Kelompok Tarif Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan dan ARIMA (Studi Kasus Wilayah Suluttenggo)


Related Posts

Post a Comment