gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL: TRANSFORMASI LINIER DALAM GAME ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN PERSAMAAN KURVA

Post a Comment
JURNAL: TRANSFORMASI LINIER DALAM GAME ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN PERSAMAAN KURVA

Abstrak 

Media visual menjadi salah satu daya tarik tersendiri sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media visual, suasana belajar menjadi menyenangkan dan pelajar tentunya akan lebih mudah mengerti. Salah satu media visual yang dapat digunakan adalah permainan berbasis komputer atau yang lebih dikenal dengan istilah game. Game sebagai media visual memiliki kelebihan dibanding dengan media visual yang lain karena game mengajak pemainnya untuk turut serta dan andil dalam menentukan hasil akhir dari game tersebut. Dalam tulisan ini dibahas hasil pembuatan game 2 dimensi yang dapat menampilkan visualisasi pergerakan objek mengikuti sebuah persamaan kurva dengan menggunakan metode transformasi linier. Game yang dibuat terdiri dari 3 level yaitu level pertama berupa game penentuan persamaan garis lurus, level kedua berupa game penentuan persamaan kurva sinus, dan level ketiga berupa game penentuan persamaan kurva cosinus. Masing-masing tahap mempunyai 10 sublevel yang harus diselesaikan untuk dapat menuju level berikutnya. Dari hasil penerapan metode transformasi linier dalam game ini diketahui bahwa kecekungan persamaan kurva mempengaruhi kecepatan pergerakan animasi objek yang mengikuti persamaan kurva tersebut. Semakin cekung persamaan kurva, semakin bertambah cepat pergerakan objek tersebut. 

Kata Kunci : Game, transformasi linier, animasi, persamaan kurva

Pendahuluan 

Saat ini, perkembangan teknologi terutama di bidang teknologi informasi sangat pesat. Berkembangnya teknologi informasi mendorong perkembangan sarana pembelajaran di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Media yang digunakan sebagai sarana pembelajaran beraneka ragam, misalnya pembelajaran dengan metode konvensional seperti membaca buku dan mengerjakan latihan, sampai dengan metode pembelajaran yang interaktif dan tidak membosankan, yakni menggunakan media visual. Media visual menjadi salah satu daya tarik tersendiri sebagai media pembelajaran.

Peneliti: Nugroho Agus Haryono

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: TRANSFORMASI LINIER DALAM GAME ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN PERSAMAAN KURVA

Related Posts

Post a Comment