gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON KARYAWAN BERDASARKAN HASIL TES PSIKOLOGI KEPRIBADIAN MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi Kasus Di KALIMASADA)

Post a Comment
JURNAL : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON KARYAWAN BERDASARKAN HASIL TES PSIKOLOGI KEPRIBADIAN MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi Kasus Di KALIMASADA)


ABSTRAK 

Sebuah perusahaan atau instansi akan berhati-hati dalam menyeleksi calon karyawan yang nantinya akan menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Kesalahan dalam memilih seorang karyawan tentunya akan membawa pengaruh negatif bagi kinerja perusahaan. Selain menilai pada kemapuan teknis, perusahaan juga perlu melakukan penilaian kepribadian terhadap calon karyawan.Oleh karena itu diperlukan metode yang sistematis dan seleksi yang tepat dalam pemilihan calon karyawan. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Hirarki Proses (AHP). Sistem melakukan penilaian terhadap tes psikologi kepribadian calon karyawan, diasumsikan mencakup kriteria-kriteria antara lain : kejujuran, loyalitas, motivasi, percaya diri dan adaptasi atau kerjasama. Sistem akan melakukan analisis dan penilaian terhadap hasil tes kepribadian calon karyawan. Hasil penelitian ini adalah model sistem pendukung keputusan seleksi calon karyawan berdasar hasil tes psikologi, sehingga pemilihan calon karyawan yang tepat untuk menjadi karyawan perusahaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan. Melalui pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem layak digunakan bagi user dan dinyatakan baik serta siap untuk diaplikasikan. 

Kata Kunci: AHP, kepribadian, karyawan, pemilihan, sistem pendukung keputusan.


Pendahuluan

Dalam kehidupan manusia pasti ada masalah yang timbul. Masalah yang dihadapi manusia bermacam-macam mulai dari yang kecil sampai masalah yang besar yang mungkin memerlukan waktu pemecahan yang lama. Memberikan pemecahan masalah secara langsung atau memberi beberapa alternative solusi untuk pemecahan masalah. Seperti sebuah perusahaan atau instansi yang akan berhati-hati dalam menyeleksi calon karyawan yang nantinya akan menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Kesalahan dalam memilih seorang karyawan tentunya akan membawa pengaruh negatif bagi kinerja perusahaan. Oleh karena itu diperlukan metode yang sistematis dan seleksi yang tepat dalam pemilihan calon karyawan. Selain menilai pada kemapuan teknis, perusahaan juga perlu melakukan penilaian kepribadian terhadap calon karyawan [5]. Pihak manajemen perusahaan kadang merasa kesulitan melakukan penilaian tersebut secara langsung. Oleh karena itu biasanya dilakukan tes psikologi kepribadian. Tes psikologi secara umum akan menunjukan kecerdasan emosional seseorang, walaupun kadang tidak selalu demikian. Seseorang dengan kemampuan teknis baik namun jika tidak ditunjang dengan kecerdasan emosional yang cukup mungkin akan mengalami kesulitan dalam lingkungan kerjanya. Tes psikologi akan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana namun jawabanya akan cukup mewakil kepribadian seseorang. Dalam tes dan hasil tingkat dihimpun dalam kertas berupa tabel yang dapat memuat data dan nilai dari masing-masing peserta tes[7].


Peneliti : Arif Harjanto

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

JURNAL : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON KARYAWAN BERDASARKAN HASIL TES PSIKOLOGI KEPRIBADIAN MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi Kasus Di KALIMASADA)

Related Posts

Post a Comment