gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL: SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT UMUM YANG SERING DIDERITA BALITA BERBASIS WEB DI DINAS KESEHATAN KOTA BANDUNG

Post a Comment
JURNAL: SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT UMUM YANG SERING DIDERITA BALITA BERBASIS WEB DI DINAS KESEHATAN KOTA BANDUNG


Abstrak 

Upaya Dinas Kesehatan kota Bandung dalam menanggulangi dan mensosialisasikan penyebaran penyakit yang menyerang balita kepada masyarakat luas terus dilakukan, namun dikarenakan tidak seimbangnya jumlah pegawai dinas dengan jumlah masyarakat di kota Bandung dan berbagai alasan non teknis lainnya menyebabkan masih banyaknya masyarakat yang tidak mengetahuinya. Para orang tua banyak yang salah dalam menanggapi gejala – gejala penyakit yang timbul pada balita dan sering melakukan pengobatan sendiri tanpa ada bimbingan dari dokter yang menyebabkan kesalahan dalam pemberian pertolongan pertama kepada balitanya. Sistem pakar ini dapat memberikan informasi mengenai jenis penyakit, gejala beserta pertolongan pertama. Pembangunan Sistem ini menggunakan metode inferensi forward chaining dan metode Depth First Transversal sebagai metode pencariannya. Sistem ini dibangun berbasis website agar dapat diakses oleh masyarakat luas dimana pun, sehingga dapat mengurangi resiko kesalahan yang dilakukan orang tua dalam melakukan pertolongan pertama kepada balitanya yang terindikasi penyakit dan keterlambatan dalam penanganan medis. 

Kata kunci : Penyakit, Balita, forward chaining, Depth First Tranversal, PHP

Pendahuluan

Banyaknya jenis penyakit baru yang menyerang balita dalam masa terakhir ini menyebabkan Dinas Kesehatan kota Bandung harus sering melakukan sosialisasi mengenai penyakit tersebut beserta gejala-gejalanya, namun karena kurangnya waktu dan pegawai yang ada menyebabkan tidak menyebarnya secara merata informasi penyakit tersebut.
Menurut data dari Dinas Kesehatan kota Bandung penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pada balita masih merupakan masalah kesehatan yang penting karena menyebabkan kematian bayi dan balita yang cukup tinggi yaitu kira-kira 1 dari 4 kematian yang terjadi. Setiap anak diperkirakan mengalami 3-6 episode ISPA setiap tahunnya. 40 % – 60 % dari kunjungan di Puskesmas adalah oleh penyakit ISPA. Kebanyakan masyarakat masih sering salah menyimpulkan gejala penyakit ini, dikarenakan gejala awalnya hanyalah balita itu terlihat letih, gelisah dan berkeringat banyak, sehingga terlambat dalam penanganan oleh pihak medis.

Peneliti: Tati Harihayati 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT UMUM YANG SERING DIDERITA BALITA BERBASIS WEB DI DINAS KESEHATAN KOTA BANDUNG

Related Posts

Post a Comment