gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL: RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN ORGAN TUBUH MANUSIA MELALUI PENCITRAAN IRIS MATA (Studi Kasus : Pada Klinik Medical Syariah ‘Ar-Ridho’ Yarobbi)

Post a Comment
JURNAL:  RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN ORGAN TUBUH MANUSIA MELALUI PENCITRAAN IRIS MATA (Studi Kasus : Pada Klinik Medical Syariah ‘Ar-Ridho’ Yarobbi)


Abstrak

Pemanfaatan organ tubuh manusia telah banyak dibuktikan memberikan hasil yang akurat. Salah satu pemanfaatan organ tubuh untuk mendiagnosa adalah menggunakan iris mata. Iris mata menyimpan berbagai informasi segala perubahan dan ketidakseimbangan tubuh manusia. Iridologi adalah ilmu pengetahuan dan praktik yang dapat mengungkapkan adanya peradangan (inflamasi), penimbunan toksin dalam jaringan, bendungan kelenjar (congestion), dimana lokasinya (pada organ mana), dan seberapa tingkat keparahan kondisinya (akut, subakut, kronis, dan degeneratif). Iris mata dapat menggambarkan tentang sistem tubuh baik kekuatan ataupun kelemahannya. Pola, struktur, warna, dan tingkat kecerahan di bagian iris mata menggambarkan keadaan bagian tubuh tertentu dan berhubungan dengan keadaan aktifitasnya, luka, iritasi, atau adanya degenerasi jaringan dan organ. Dari penelitian yang dilakukan dihasilkan sebuah aplikasi sistem pakar Iridologi disertai dengan kamera sebagai perangkat pendukung dalam mendeteksi gangguan organ tubuh manusia. Selain itu, juga dapat menghasilkan rekam medis sebagai laporan pemeriksaan dan acuan bagi pemeriksaan selanjutnya. 

Keywords: iridologi, iris, sistem pakar, rekammedis 

Pendahluan 

Perlawanan terhadap penyakit tergantung pada suatu kualitas dari kekebalan tubuh seseorang. Mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang baik akan terhindar dari penyakit, sementara yang kekebalan tubuhnya lemah akan gampang sakit. Sebagai contoh, pada tahun 1981, sejumlah penderita pneumonia usia muda tidak terselamatkan, meski sudah dirawat di rumah sakit dengan menggunakan jenis antibiotika terbaru yang canggih. Padahal, umumnya penyakit pneumonia dapat diobati hanya dengan antibiotik sederhana. Para dokter tercengang saat mendapati fenomena bahwa kekebalan tubuh para pasien muda tersebut telah lumpuh akibat terserang virus HIV. Kehadiran virus HIV dan AIDS di itu menyadarkan dunia modern akan pentingnya kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. (www.infobunda.com)

Peneliti: Saefurrohman, M.Cs dan Khoirudin, S.Kom

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL:  RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN ORGAN TUBUH MANUSIA MELALUI PENCITRAAN IRIS MATA (Studi Kasus : Pada Klinik Medical Syariah ‘Ar-Ridho’ Yarobbi)


Related Posts

Post a Comment