gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL: PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ALUMNI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP dan MYSQL di SMA NEGERI 2 NGANJUK

Post a Comment
JURNAL: PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ALUMNI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP dan MYSQL di SMA NEGERI 2 NGANJUK


Abstrak 

Pengembangan sistem informasi alumni berbasis web menggunakan PHP dan MYSQL di SMA Negeri 2 Nganjuk adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data orang-orang yang telah tamat dari SMA Negeri 2 Nganjuk dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-linksertamenggunakan media internet dalam mendistribusikannya ke pemakai dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL dalam pengembangan sistemnya.Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mengembangkan sistem informasi Alumni berbasis web di SMA Negeri 2 Nganjuk. (2) mengetahui kelayakan sistem informasi Alumni berbasis web di SMA Negeri 2 Nganjuk.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development)yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: identifikasi potensi dan masalah, analisis kebutuhan dan pengumpulan data, desain sistem, implementasi, validasi sistem, revisi sistem, uji coba sistem, dan revisi sistem kedua.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket.Pengujian sistem informasi menggunakan kelayakan perangkat lunak ISO 9126.Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif dengan teknik persentase dan kategori.
Hasil pengembangan sistem informasi alumni berbasis web menggunakan PHP dan MYSQL di SMA Negeri 2 Nganjuk dapat dilihat pada alamat http://sman2nganjuk.sch.id/alumni/. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dalam pengembangan sistem informasi ini sudah melalui beberapa tahapan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan yaitu: (1) tahap identifikasi potensi dan masalah, analisis kebutuhan dan pengumpulan data, desain sistem, implementasi sistem, validasi sistem, revisi sistem, uji coba sistem, revisi sistem kedua. (2) hasil uji kelayakan aspek functionality,reliability, efficiency, maintainanility, dan portability sudah sesuai dengan kelayakan perangkat lunak ISO 9126 dan untuk aspek usability yang diujikan kepada alumni menunjukan nilai 3.69 dengan kriteria baik sesuai konversi pengolahan data skala 5, sehingga sistem informasi sudah layak untuk diimplementasikan di sekolah.

Kata kunci :Sistem Informasi Alumni, Alumni, Berbasis Web 

Pendahuluan 

SMA Negeri 2 Nganjuk merupakan SMA terfavorit di Nganjuk.Banyak siswa-siswi yang ingin melanjutkan studi ke SMA Negeri 2 Nganjuk.Hal ini dikarenakan kualitas dari SMA Negeri 2 Nganjuk sudah banyak dilihat masyarakat. Kualitas dari SMA Negeri 2 Nganjuk dapat dibuktikan dari banyaknya alumni yang diterima diperguruan tinggi negeri maupun swasta di indonesia. Hal inilah yang menjadikan SMA Negeri 2 Nganjuk banyak diminati masyarakat.

Peneliti: Novan Yoga Rochsianto

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ALUMNI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP dan MYSQL di SMA NEGERI 2 NGANJUK


Related Posts

Post a Comment