gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB BASED TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN

Post a Comment


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Learning berbasis Web Based Training terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas XA dan XB SMA Negeri 1 Kalasan. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning Web Based Training dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas media pembelajaran E-Learning Web Based Training masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0.54; efektivitas media pembelajaran konvensional masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0.30 dan peningkatan hasil belajar dengan media pembelajaran E-Learning lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar media pembelajaran konvensional pada materi Perangkat Lunak Pembuat Presentasi Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh > (2.870>1.672), serta nilai signifikansi P adalah 0.006 < 0.05), dengan demikian ditolak dan diterima. Ini membuktikan bahwa media pembelajaran E-Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perangkat Lunak Pembuat Presentasi Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan.

Kata kunci : media pembelajaran, E-Learning, Web Based Training, konvensional, hasil belajar.

Pendahuluan

Berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa indikator hasil berbincang dengan guru TIK dan observasi di kelas, menunjukkan bahwa secara umum siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan berada dalam rentang minat belajar TIK rendah yang sangat berpengaruh pada hasil belajar.
Bentuk dari perkembangan teknologi informasi yang diterapkan di dunia pendidikan adalah E-Learning. E-Learning merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses pembelajaran, dimana proses belajar tidak lagi hanya mendengarkan uraian materi dari guru tetapi siswa juga melakukan aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lain.

Peneliti: Mawar Ramadhani

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB BASED TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN


Related Posts

Post a Comment