gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR

Post a Comment
JURNAL : PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR
ABSTRAK - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui apakah rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode kooperatif tipe STAD di dalam pembelajaran lebih besar daripada rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional; (2) mengetahui apakah pembelajaran dengan metode kooperatif tipe STAD pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional pada kelas kontrol. Desain dari penelitian ini adalah true-experimental design dengan pretest posttest equivalent group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI AK 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI TKJ 1 (kelas kontrol) yang dipilih menggunakan metode cluster sampling. Pengujian validitas oleh expert judgment, analisis butir soal menggunakan tingkat kesukaran dan daya beda. Uji reliabilitas menggunakan rumus K-R 21 dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD mempunyai rata-rata nilai hasil belajar yang lebih tinggi yaitu sebesar 62.1 apabila dibandingkan dengan kelas kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dimana rata-rata nilai hasil belajarnya hanya sebesar 57.6. (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians pada nilai postes siswa yang menunjukkan bahwa thitung yaitu sebesar 1.956 lebih besar dari ttabel yang hanya sebesar 1.673.

 PENDAHULUAN - Proses pembelajaran bertumpu pada satu persoalan, yaitu bagaimana guru dapat menciptakan proses belajar yang efektif bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai bersama. Pembelajaran kooperatif adalah suatu bentuk pembelajaran konstruktivisme yang mendukung terjadinya perubahan signifikan pada keefektifan pembelajaran di sekolah, dimana terjadi pergeseran cara pandang ke arah peran guru sebagai pembangun pengalaman belajar.
STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan salah satu tipe metode pembelajaran kooperatif yang dapat melibatkan semua siswa secara langsung, dapat mengembangkan cara berfikir siswa dalam mengajukan dan mempertahankan pendapat, melatih berinteraksi sosial, dan yang paling penting adalah saling transfer pemahaman ilmu antar-siswa.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment