gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : PENJADWALAN PERKULIAHAN DENGAN PENDEKATAN EVOLUTIONARY ALGORITHM (STUDI KASUS: SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) PROGRAM TEKNOLOGI INFORMASI DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BRWIJAYA)

Post a Comment
JURNAL : PENJADWALAN PERKULIAHAN DENGAN PENDEKATAN EVOLUTIONARY ALGORITHM (STUDI KASUS: SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) PROGRAM TEKNOLOGI INFORMASI DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BRWIJAYA)
ABSTRAK - Untuk menyusun jadwal kuliah bukanlah sesuatu yang mudah karena terkait aturan-aturan yang ada. Penjadwalan perkuliahan jika dilakukan dengan cara manual tentu saja akan memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu pada penelitian ini mencoba untuk melakukan pendekatan menggunakan evolutionary algorithm untuk mempermudah dalam pembuatan jadwal kuliah dengan menerapkan aturan yang berlaku. Kromosom disusun dalam bentuk representasi string dengan susunan yang mewakili hari, jam perkuliahan, ruang dan gedung. Dari beberapa percobaan paremeter yang digunakan, diperoleh hasil optimal pada jumlah individu 100 dan peluang crossover sebesar 75%.
Kata kunci: algoritma evolusi, algoritma genetik, penjadwalan mata kuliah.

PENDAHULUAN - Dalam pembuatan jadwal kuliah ada sejumlah aturan-aturan yang harus dipertimbangkan ketika jadwal tersebut akan dibuat. Pertimbangan tersebut antara lain jadwal kuliah diharapkan bisa sesuai dengan ketersediaan waktu dosen untuk bisa mengajar, penggunaan ruang kuliah tidak boleh bersinggungan dengan jadwal yang lain, kapasitas perkuliahan harus sesuai dengan kapasitas ruang kuliah, tidak boleh ada jadwal kuliah yang beririsan dengan jadwal kuliah angkatan sebelumnya maupun sesudahnya, sehingga mahasiswa dapat mengambil mata kuliah angkatan sebelumnya maupun sesudahnya. Aturan-aturan tersebut yang meyebabkan pembuatan jadwal menjadi rumit atau memakan waktu cukup lama ketika proses pembuatan jadwal.
Pada penelitian skripsi oleh Mawaddah, 2006, penjadwalan dengan algoritma genetik di ligkungan brawijaya sudah diteliti, namun masih memiliki keterbatasan, misalnya pada penelitian tersebut dibatasi bahwa setiap mata kuliah memiliki jumlah sks yang sama, dan hanya bias dilaksanakan satu minggu sekali. Batasan lainnya adalah, pada penlitian tersebut, ruangan masih belum diperhatikan ketika merepresentasikan kromosom.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment