gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : PENGEMBANGAN APLIKASI GENERATOR MODUL PADA CMS UNTUK MEMPERMUDAH PENGEMBANGAN SISTEM BERBASIS WEB (studi kasus: CMS Lokomedia)

Post a Comment
JURNAL : PENGEMBANGAN APLIKASI GENERATOR MODUL PADA CMS UNTUK MEMPERMUDAH PENGEMBANGAN SISTEM BERBASIS WEB (studi kasus: CMS Lokomedia)
ABSTRAK
CMS (Content Management System) merupakan salah satu aplikasi web yang memungkinkan penggunanya membuat website sendiri tanpa harus menguasai bahasa pemrograman. Lokomedia merupakan CMS buatan Indonesia yang saat ini banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan. Melalui buku – buku yang ditulis oleh pembuatnya, menjadikan CMS ini mudah untuk dipelajari dan dikembangkan oleh para pencintanya. Namun dalam perkembangannya, Lokomedia saat ini belum menggunakan sistem plugin seperti Wordpress dimana website yang akan dibagun terkoneksi dengan plugin store sehingga pengguna dengan mudah menambahkan plugin atau modul yang diinginkan tanpa melakukan konfigurasi, hal tersebut menuntut pengguna harus memahami arsitektur CMS dan mengerti bahasa pemrograman web untuk menambahkan modul baru. Penelitian ini menggunakan model proses pengembangan sistem Modified Waterfall. Aplikasi ini menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman. Penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi generator modul untuk mempermudah pengembangan sistem berbasis web. Aplikasi ini memiliki tiga langkah perancangan dan pada ahirnya menghasilkan kode program modul sesuai perancangan yang dilakukan, sehingga dapat mempercepat pembuatan modul dan meminimalkan kesalahan pengetikan kode program. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi layak dan dapat digunakan.
Kata Kunci : Generator Modul, Penghasil Modul, Penghasil Kode Program Modul, CMS Lokomedia.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment