gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : PENERAPAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) DENGAN METODE MAMDANI PADA SISTEM PREDIKSI MAHASISWA BERHENTI STUDI (DROP-OUT)

Post a Comment
JURNAL : PENERAPAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) DENGAN METODE MAMDANI PADA SISTEM PREDIKSI MAHASISWA BERHENTI STUDI (DROP-OUT)
ABSTRAK - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di era sekarang ini, oleh sebab itu banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah bermunculan. Seiring pelaksanaannya muncul masalah-masalah, salah satunya adalah banyaknya mahasiswa yang berhenti studi (Drop Out). Tingginya tingkat keberhasilan mahasiswa dan rendahnya tingkat kegagalan mahasiswa dapat mencerminkan kualitas suatu perguruan tinggi. Penelitian secara statistik telah banyak dilakukan untuk hal tersebut.
Pada penelitian ini dikembangkan suatu sistem aplikasi yang akan memprediksi mahasiswa berhenti studi (Drop out) menggunakan OOAD (Object Oriented Analysis System) dan Fuzzy Inference system (FIS) dengan menggunakan variabel input yang berorientasi pada penelitian sebelumnya. OOAD (Object Oriented Analysis System) terbagi atas empat tahapan, yaitu analisis, desain, implementasi dan testing. Untuk perhitungan data digunakan Fuzzy Inference system (FIS) melalui tahapan fuzzifikasi, inferensi, dan defuzzifikasi yang dipadukan dengan aplikasi Visual Basic. Pengujian sistem dilakukan dengan metode blackbox dan whitebox. Prediksi dilakukan dengan cara memasukkan parameter-parameter yang ada sehingga diperoleh kesimpulan seberapa besar tingkat mahasiswa drop out tersebut.
Kata kunci: Drop out, prediksi, fuzzifikasi, inferensi, defuzzifikasi, OOAD, Fuzzy Inference System

PENDAHULUAN - Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan pada era sekarang ini karena untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi globalisasi di segala bidang diperlukan pendidikan tinggi (UU No. 12 Th. 2012). Pendidikan dapat diperoleh tidak hanya melalui jalur formal saja, tapi dapat melalui jaur non-formal apalagi saat ini perkembangan alat-alat informasi sudah berkembang pesat sehingga kita dapat memperoleh pengetahuan dari

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment