gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : APLIKASI PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK PENDETEKSI JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN KOMPUTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SOBEL (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU)

Post a Comment
JURNAL : APLIKASI PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK PENDETEKSI JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN KOMPUTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SOBEL (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU)
ABSTRAK
Lembar Jawaban Komputer (LJK) merupakan lembar jawaban yang digunakan untuk melakukan ujian secara tertulis. Pemeriksaan LJK harus menggunakan alat scanner khusus, mengingat harga scanner sangat ahal maka penulis bermaksud untuk membangun aplikasi pengolahan citra digital untuk mendeteksi jawaban pada lembar jawaban komputer menggunakan Algoritma Sobel. Metode Sobel merupakan pengembangan metode Robert dengan menggunakan filter HPF (High Pass Filter) yang diberi satu angka nol penyangga. Kelebihan dari metode Sobel ini adalah kemampuan untuk mengurangi noise sebelum melakukan perhitungan deteksi tepi. Penulis mengubah data citra LJK menjadi bentuk deteksi tepi sobel untuk mempermudah mendeteksi jawaban pada LJK. Hasil deteksi jawaban pada LJK akan dilakukan pencocokkan dengan data kunci jawaban untuk memperoleh skor nilai. Selain itu laporan nilai siswa dapat ditampilkan secara otomatis menggunakan Fastreport. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Delphi.dan metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metodeWaterfall.Sedangkan metode untuk perancangan sistem, penulis menggunakanUnified Modeling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya suatu aplikasi pendeteksi jawaban pada LJK yang dapatdigunakanmelakukan pengoreksian LJK.
Kata kunci: Pengolahan Citra Digital, Sobel, LJK, Deteksi LJK.

PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan sebuah proses kegiatan yang disengaja atas input peserta didik untuk menimbulkan suatu hasil yang diinginkan sesuai tujuan yang ditetapkan. Sebagai sebuah proses yang disengaja maka pendidikan harus dievaluasi hasilnya untuk melihat apakah hasil yang dicapai telah sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan apakah proses yang dilakukan efektif untuk mencapai hasil yang diinginkan. Evaluasi artinya penilaian terhadap tingkat keberhasilan peserta didik mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program (Widoyoko ,2009).

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment