gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : APLIKASI DATA MINING UNTUK MENAMPILKAN INFORMASI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA

Post a Comment
JURNAL : APLIKASI DATA MINING UNTUK MENAMPILKAN INFORMASI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA
Abstrak
Perguruan tinggi dituntut memiliki keunggulan bersaing dengan memanfaatkan sumber dayanya, termasuk sumber daya manusia dalam hal ini adalah mahasiswa.Tidak semua mahasiswa dapat menyelesaikan study tepat waktu, disamping IPK yang beragam. Lama waktu mahasiswa dalam menempuh studi dan IPK menjadi salah satu faktor tingkat keunggulan sebuah Perguruan Tinggi. Nilai potensi tersebut dapat digali menggunakan teknik data mining.
Data mining adalah kegiatan menemukan pola yang menarik dari data dalam jumlah besar, data dapat disimpan dalam database, data warehouse, atau penyimpanan informasi lainnya. Data warehouse merupakan penyimpanan data yang berorientasi objek, terintegrasi, mempunyai variant waktu, dan menyimpan data dalam bentuk nonvolatile sebagai pendukung manejemen dalam proses pengambilan keputusan.
Penelitian ini dikembangkan dengan cara menscan data pada database secara langsung sehingga menghasilkan informasi yag dibutuhkan. Aplikasi data mining ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7 dan menggunakan database SQL Server 2000 sebagai media penyimpan data. Hasil dari penelitian bahwa dapat diketahui tingkat ketepatan waktu dan nilai kelulusan mahasiswa yang berelasi dengan atribut data masuk mahasiswa.
Kata Kunci : Data mining, data warehouse, kelulusan mahasiswa.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment