gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) FASILITAS KESEHATAN DI KABUPATEN BUNGO BERBASIS MOBILE

Post a Comment
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) FASILITAS KESEHATAN DI KABUPATEN BUNGO BERBASIS MOBILE
ABSTRAK - The information technology is developed to helping people to work mainly in obtaining information, including geographic information. The use of mobile technology is the most used technology to meet the needs of information including health information. Not all of health facilities have an information system, so people need energy and time to get the information. The use of information system and mobile technology can solve the problem. The use of geographic information systems and mobile in the field of health is building a search application health facilities. This technology system is proposed to produce a mobile application with the android operating system, based client server, visualization modelling UML. Implementation of this application using the programming language PHP with Code Igniter framework and MySQL as a Database Management System (DBMS). Mobile application is build using Java programming language with Eclipse. This application based on client server, so user must be connected to the internet to access it. This application can help the Bungo’s people to search and select health facilities. 

Keyword: Geographic Information, Health Facilities, Client Server, MySQL, Framework Codeigniter, Java, Eclipse, Mobile Application, Android, Online.


PENDAHULUAN - erkembangan teknologi yang semakin pesat dari masa ke masa sangat membantu pekerjaan manusia terutama dalam memperoleh informasi. Seperti diketahui saat ini informasi merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Salah satu informasi yang dibutuhkan masyarakat pada saat ini adalah informasi geografis. Untuk mengelola data yang kompleks, diperlukan sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang mampu mengolah data spasial dan non spasial secara efektif dan efisien. Solusi akan hal tersebut adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini memberikan kemudahan dalam segala hal termasuk kemudahan dalam memperoleh informasi di bidang kesehatan. Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting dan nikmat bagi setiap manusia. Namun, kesehatan tersebut juga harus dibarengi dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas merupakan segala sesuatu yang sengaja disediakan oleh penyedia jasa untuk dipakai serta dinikmati oleh konsumen yang bertujuan memberikan tingkat kepuasan yang maksimal. Fasilitas dalam bidang kesehatan disebut dengan fasilitas kesehatan (faskes). Faskes adalah segala sarana dan prasarana yang dapat menunjang kesehatan manusia, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. . Setiap faskes memiliki pelayanan dan fasilitas yang berbeda-beda sedangkan informasi fasilitas yang disediakan bisa didapatkan hanya dengan mendatangi suatu faskes tersebut karena tidak semua faskes memiliki sistem informasi. Tentu ini akan memakan waktu dan biaya untuk seseorang yang baru mencari rujukan untuk berobat. Untuk itu diperlukan suatu metode penyajian informasi penyebaran faskes di Kabupaten Bungo yang disertai dengan peta lokasi.


DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment