gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal :Pemanfaatan Algoritma Genetika Pada Aplikasi Penempatan Buku Untuk Perpustakaan Sekolah

Post a Comment

Jurnal :Pemanfaatan Algoritma Genetika Pada Aplikasi Penempatan Buku Untuk Perpustakaan Sekolah
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Genetika

ABSTRAK

Penempatan Buku di dalam rak, di perpustakaan sekolah, harus bisa seoptimal mungkin untuk mempermudah dalam hal mencari buku. Algoritma genetika sebagai metode pencarian solusi yang berpatokan pada seleksi alam mendapatkan sebuah individu dengan susunan gen-gen tebaik, mampu memberikan solusi bagaimana pola penyusunan barang dioptimalkan melalui proses iterasi sampai beberapa generasi dengan operatornya yaitu, pembentukan populasi awal, crossover( pindah silang), dan mutasi. Dengan memasukkan inputan berupa data buku dan data rak beserta kode-kode yang ada, proses optimasi akan menemukan pola penempatan buku berdasarkan fitness, yaitu semakin optimal penempatan buku.

Kata Kunci : Penempatan Buku, Algoritma Genetika

1. Pendahuluan

Perpustakaan adalah sebuah tempat di mana di dalamnya terdapat banyak ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi siswa untuk diketahui. Perpustakaan sekolah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi murid, tapi juga merupakan bagian yang integral pembelajaran. Adanya pengertian perpustakaan sekolah yang demikian eksklusif tersebut, bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para guru dan siswa untuk menikmati koleksi perpustakaan. Di samping itu, hal tersebut untuk memudahkan administrasi dan pencatatan transaksi peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan. Perpustakaan di sekolah Santo Petrus Medan masih bersifat manual dalam hal pencarian buku, sehingga mempersulit siswa dalam mencari buku yang dibutuhkan. Permasalahan yang dihadapi Bagaimana merancang aplikasi untuk memberikan output penempatan buku Perpustakaan Sekolah, dan bagaimana menerapkan Algoritma Genetika pada aplikasi untuk memberikan output penempatan buku sekolah Santo Petrus Medan.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Algoritma Genetika ,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.


Related Posts

Post a Comment